BUDAYA "MENJAGA PERASAAN" CUMA ADA DI INDONESIA

Indonesia bukan hanya kaya akan tradisi, adat-istiadat, ritual, daerah, maupun suku bangsa. tapi indonesia juga kaya akan berbagai macam budaya, budaya yang kita kenal sampai saat ini adalah budaya yang hanya berkisar pada tahap tradisi atau ritual kearifal lokal akan suatu daerah, tapi selain itu Indonesia memiliki budaya me'nasional' yaitu budaya untuk menjaga perasaan orang lain. budaya ini tidak hanya dimiliki oleh satu daerah saja tapi budaya ini dimiliki oleh setiap individu di Indonesia. misalnya jika kita berbicara dengan orang yang lebih tua maka kita akan berbicara dengan sopan dan sangat hati-hati, hal ini wajar karena lawan bicara kita adalah orang yang lebih tua, tapi bagaimana bila kita berbicara dengan yang umurnya dibawah kita, tetap saja kita berbicara dengan baik dan menjaga kata-kata agar tidak menyinggung perasaannya.
perilaku orang Indonesia dikenal sebagai perilaku yang paling ramah, dan hangat. tapi apakah pernah terpikir apa latar belakang dari semua perilaku tersebut? jawabannya hanya satu karena orang Indonesia sangat senang berpura-pura. bagi orang Indonesia berpura-pura bukanlah hal buruk untuk dilakukan justru hal tersebut akan semakin menambah kehangatan untuk dirinya dan lingkungannya, dan tujuannya adalah untuk kenyamanan dirinya sendiri.
kearifan lokal yang ada pada setiap daerah juga mengamanatkan hal ini sebagai hal yang sangat tradisionil, sehingga bila terjadi sedikit penyimpangan maka hukum tradisi akan diberlakukan.
bila kita mengunjungi daerah jawa dan berada pada kediaman Keraton, kita akan merasakan hal tersebut dengan sangat kental, dimana setiap ucapan, perilaku kita harus menjaga perasaan orang lain.
Indonesiaku yang kucinta, aku bangga akan semua tradisimu..


2 komentar:

Anang Pratika mengatakan...

wahh..setuju banget tuh mba. ya klo nurut saya sih klo mau dihormati ya hormati dolo orang lain. saya rasa berpura-pura menghormati orang lain g ada salahnya juga kan selagi itu baik. menghormati yang lebih tua, yang lebih muda, atau pun seumuran g ada salahnya kan.menurut saya sih " manusia itu akan mendapatkan sesuatu sesuai dengan apa yang dia tanam". hahahah sok tua bgt yah....hihihii cuma komen doank

IsriFianty mengatakan...

setuju....tapi kan klo kebanyakan basa basi bosen juga he...